Mulai Tertarik dengan Laptop 2in1 Untuk Kegiatan Extra

Rasanya Udah Perlu Gadget Baru, Tertarik dengan Laptop 2in1 Untuk Kegiatan Extra

Mengalami banyak hal beberapa pekan terkahir ini. Kegiatan kuliah super padat, pekerjaan yang harus dimonitoring setiap waktu.

Yeah, semua kegiatan tersebut harus dijalani dengan sepenuh hati, membagi waktu supaya dapat berjalan seimbang. Kegiatan saya senin hingga jum'at bekerja disalah satu perusahan IT dijakarta full time, kadang malamnya juga ada jadwal kuliah. Di hari sabtu dan minggu ada juga kuliah malam, siangnya saya isi dengan kegiatan blogging seperti saat ini dan kadang melayani klien ada pemintaan maintenance website.

Kegiatan kuliah, dan bekerja tersebut tidak terlepas dari laptop ukuran layar 16" dan smartphone. Terasa banget, sepulang kerja harus membawa laptop ukuran 16" ke fakultas. Badan udah pegel-pegel seharian bekerja, ditambah membawa beban tas di punggung.

Saya mulai melirik produk laptop 2in1, sepertinya tepat untuk saya yang melakukan kegiatan extra. Bentuknya yang mini dan praktis, jika harus di bawa kemana-mana.

Dengan menggunakan lapotop 2in1 ini akan mempermudah saya jika ingin menggunakan laptop yang ringan. Lagi pula saya menggunakan laptop untuk kebutuhan monitoring jaringan, mengirim email, browsing, hiburan, dan untuk coding.

Saya membaca beberapa referensi laptop 2in1 itu memiliki 2 kategori, yang memiliki perbedaan fitur. Kategori tersebut ialah hybrid dan covertible, memang apa sih bedanya ? Mungkin anda juga sedang mencari referensi laptop 2in1. Sembari menabung, untuk membelinya nanti. Berikut perbedaan hybrid dan covertible.

Hybrid  

Merupakan type laptop 2in1 yang layarnya dapat dilepas dari keyboard dan dapat beralih fungsi menjadi tablet.

Convertible  

Merupakan type laptop 2in1 yang layarnya hanya bisa dibalik maupun diputar untuk menggunakanya sebagai tablet. Layar keyboard jenis ini tidak dapat dilepas, jika mode tablet keyboard menjadi holder.

Masing-masing type laptop 2in1 tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Akan saya jabarkan dibawah ini.

Laptop 2in1 Hybrid 

Image : Best Windows 10 Hybridt Tablets Windowsreport.com

Kelebihan

Laptop 2in1 hybrid diatas membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama, apalagi tersedia waran biru. Simak pembahasan berikut ini.

Daya Tahan Baterai

Kekuatan Baterai lebih Tahan lama, dikarenakan tablet dan keyboard memiliki baterai masing-masing. Apakah dengan design tersebut, mendapatkan dua buah sumber tenaga. Tepat sekali, dengan begitu laptop akan mendapatkan sumber tenaga lebih, apabila keduanya digabungkan.

Sebagai Tablet

Fungsi dari tablet ini sendiri sangat tepat, karena layar dapat dilepas dari keyboard. Apalagi saat ini sudat ada windows 10 yang dapat berfungsi dengan baik pada tablet, jadi ketika ada kegiatan diluar ruangan tidak perlu membawa laptop yang berat, cukup dengan menggunakan hybrid Windows 10.

Cukup Murah

Laptop 2in1 dengan sistem operasi Windows didalamnya, yang dapat dijadikan tablet adalah bentuk keunggulan dibandingkan membeli iPad.

Sepertinya cukup cocok untuk saya dan anda yang membutuhkan gadget dengan harga yang murah untuk menghemat.

Kekurangan

Sebagai pembeli, saya dan Anda juga perlu melihat kekuranganya. Yang saya fikirikan yaitu kekurangan sebagai berikut:

Kurang Bertenaga 

Hybrid didukung oleh mobile-fiendly seri intel Atom atau Intel Core M yang difokuskan untuk ukuran yang ringan dan baterai yang efisien.

Prosesor ini memungkinkan untuk digunakan tugas ringan, misalnya browsing, office, chatting. Tapi tidak untuk tugas berat, misalnya mutlti tasking, editing image atau video, gaming. Saya rasa kekurang tersebut tidak terlalu menjadi masalah, karena udah wajar karena memang didesign untuk menunjang tugas ringan. Cukup cocok untuk saya pribadi.

Aplikasi Terbatas

Beberapa sumber yang saya dapatkan, tablet baik untuk Windows 10 sebenarnya terbatas untuk aplikasi didalamnya.

Dibandingkan dengan Android dan IOS, Windows tidak memiliki beberapa aplikasi dan game utama seperti di OS mobile lainya.

Mungkin kita dapat menikmati sebagian aplikasi seperti pada Android dan iOS, tapi mungkin kita juga akan iri jika melihat teman memainkan game yang tidak ada di Windows.

Sepertinya ini juga tidak akan menjadi masalah, karena tujuan utama saya tertarik dengan laptop 2in1 bukan untuk kegiatan ngegame.

Mari kita bandingkan dengan laptop 2in1 Convertible.

Laptop 2in1 Convertible

Image : Best Windows 10 Hybridt Tablets  Potatofeed.com

Kelebihan 

Hampir sama dengan laptop 2in1 hybrid, jenis laptop 2in1 convertible juga memiliki kelebihan. Kurang lebihnya simak penjelasan dibawah ini.

Hardware Laptop yang Baik

Tidak seperti hybrid, convertible masuk kedalam ruang lingkup laptop standart yang memiliki hardware yang bagus bersandingan keyboard. Sehingga tidak akan menjadi masalah untuk kinerjanya. Versi laptop 2in1 yang satu ini, kita akan mendapatkan processor intel yang powerfull dibandingkan processor mobile friendly.

Kualitas Baik

Untuk body, covertible bisa menjadi lebih tipis dan tampil elegan, karena layar tidak perlu dibalut dengan hardware tambahan. Bahkan, kita dapat menemukan banyak covertible yang mengikuti balutan ultrabook full aluminium.

Wow, cukup keren juga. ini. Cukup membingungkan juga sih, pilih yang mana. Ada kelebihan pasti ada kekuranganya. Kekurangan apa ya, yuk lihat dulu.

Kekurangan 

Ada kelebihan, tentu juga ada kekurangan yang dimiliki tipe laptop 2in1 Convertible. Kurang lebihnya simak pembahasan dibawah ini.

Beban dalam Bentuk Tablet 

Beberapa convertibel terlihat ribet jika digunakan dalam mode tablet. Tapi ia menawarkan fungsi yang benar-benar komplit. Disamping itu kita tidak akan menemukan kenyamanan ketika dalam mode tablet lain. Convertible terlalu berat dan besar untuk dapat dipondong seperti tablet yang pada umumnya.

Kualitas hampir sama dengan laptop, hanya saja mode tablet terlihat berat. Seperti ini juga tidak masalah, karena meskipun begitu masih ringan untuk dibawa kemana-mana dibandingkan membawa laptop pada umumnya.

Masalahnya, sekarang saya dan Anda dibikin bimbang dengan 2 pilihan tersebut. Mana yang paling cocok untuk kegiata extra ya.

Sebenarnya keduanya termauk cocok-cocok saja karena memang sangat membantu aktifitas sehari-hari. Jika ingin dibawa untuk kegiatan kuliah atau dibawa saat berlibur untuk kegiatan munulis, saya lebih memilih laptop 2in1 tipe Hybrid.

Apa alasan saya memilih laptop 2in1 hybrid? berikut alasanya : 

  1. Type hybrid antara keyboard dan layar utamanya dapat dilepas, sehingga dapat mengurangi beban. Tapi sebenarnya meskipun ada keyboardnya type hybrid tetap aja ringan kok.
  2. Harganya cukup murah dibandingkan dengan tiype convertible. 
  3. Bagi saya tidak pelu spesifikasi yang tinggi, jika hanya untuk dipakai oleh mahasiswa sekaligus blogger yang hanya membuat tulisan seperti saya ini. 
  4. Baretainya pun katanya cukup tahan lama, dibandingkan dengan tipe convertible dan cocok untuk digunakan bepergian. 
Setelah memiliki referensi yang cukup tersebut, selanjutnya saya tinggal menabung untuk membeli laptop 2in1 hybrid. Semoga aja, dapat bonus dari kantor supaya dapat dibagi untuk tabungan pendidikan, dan gadget pendukung kegiatan extra. Amin...

Dari dulu sampe sekarang saya masih nyaman dengan processor intel. Siapa tahu, temen-temen yang memiliki ketertarikan yang sama seperti saya. Kemudian sudah cukup dana untuk membeli, silahkan lihat spesifikasi laptop 2in1 processor intel yang tepat untuk kebutuhanmu.

Sumber bacaan : blibli.com, winpoin.com

https://www.blibli.com/anchor/intel-store


Ikuti Blibli.com Blog Competition Intel 2in1, hadiah laptop 10 ribu
Disqus Comments