Periklanan Online

Jaman dulu orang pasang iklan di media cetak. Saat ini seseorang dapat menggunakan periklanan online. Periklanan online lebih mudah dikenal karena orang mencari apa yang dibutuhkan dengan mudah melalui mesin pencarian.

Ada beberapa cara untuk melakukan periklanan online, yaitu :
  1. Menghubungi pemilik situs/blog publisher untuk memasangkan iklan produk. Pilihlah situs yang isi kontennya kurang lebih berhubungan dengan produk. Misalnya saja, situs yang berisi konten kulit dan kecantikan, maka produk yang ditawarkan paling tidak ya tentang produk kosmetik. Iklan ini terkadang jauh lebih mahal, harus pinter-pinter nawar harga dengan publisher/pemilik situs tersebut.
  2. Menggunakan layanan periklanan. Saya lebih merekomendasikan menggunakan Google Adwrods, FB Ads, Instagram. Sudah pasti di media sosial lebih banyak orang yang mengunjungi setiap saat. Kesempatan medapatkan pelanggan jauh lebih besar. Biaya iklan pun tergantung akses dari pelanggan yang tertarik atau klik iklan. 
Apabila ingin mengeluarkan budget yang sedikit untuk periklanan. Buatlah lomba review produk, untuk menekan biaya operasional. Lomba review produk ini akan menambah nilai track record produk yang ditawarkan. Hasilnya tidak langsung mendatangkan pelanggan. Namun paling tidak, ini dokumentasi bisnis anda secara online untuk jangka panjang.

Semuanya kembali pada individu yang menjalankan bisnis. Periklanan online diatas merupakan bahan pertimbangan yang bisa diambil. Semoga dapat bermanfaat.
 
Disqus Comments