Cara Mudah Custom Domain Blogspot ke Domain TLD

Sekian lama libur dari kegiatan blogging, akhirnya baru bisa menulis lagi. Ini sharing pertama saya untuk custum domain blogspot ke subdomain maupun domain utama.

Munkin Anda masih bingung untuk memilih layanan domain apa yang paling murah dan tidak mengecewakan.



Jika Anda pertama kali membeli domain, saya merekomendasikan untuk menggunakan layanan dari Qwords.com. Saya sudah menggunakan layanan domain ini selama kurang lebih 3 tahun, dan belum pernah mengalami kendala yang serius.

Untuk membeli domain silahkan gunakan link berikut, beli domain diskon 30%

Setelah Anda melakukan transaksi pembelian domain, kemudian sudah mendapatkan informasi bahwa domain telah aktif. Langkah selanjutnya, setting domain DNS manager. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk custom domain

  1. Login ke akun portal klien qwords.com 
  2. Pada halaman utama, klik layanan domain seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Temukan nama domain anda. Klik tanda segitiga sperti dibawah ini, kemudian pilih domain DNS manager
  4. Buka akun blogger anda, kemudian pilih menu setelan.
  5.  Pada tampilan poin 4, klik siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. 
  6. Saya menggunakan domain betariko.com. Domain utama masih dalam proses pembuatan. Nah saat ini saya direct domain ke subdomain betariko.com menjadi blog.betariko.com. Jadi dari blogspot nanti bisa diakses langsung dengan menggunakan link blog.betariko.com 
  7. Tambahkan script poin 5 ke domain DNS Manager.
  8. Lihat poin 5 untuk pengisian point 7. isi hostname www kemudian type CNAME address ghs.google.com klik tombol simpan perubahan. Masukkan alamat yang ke 2. Isi scipt yang berwarna biru, type CNAME address masukan url googlehosted seperti yang terlihat pada poin 5. Klik simpan perubahan.
  9. Saatnya anda menuju poin 5 lagi. Klik tombol simpan juga. Tunggu beberapa saat untuk penyesuaian link. Silahkan coba akses domain Anda melalui web browser, jangan lupa clear cache dulu.
  10. Selamat akhirnya domain anda sudah terhubung.
Cara diatas bisa digunakan untuk custum domain utama maupun subdomain. Bagimana sangat mudah bukan? Jika ada yang belum dipahami, silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah ini.

Custom domain blogspot menjadi pelajaran dan pengalaman pertama saya menggunakan domain TLD. Pengalaman pertama kali berkenalan dengan blogging, sangat berkesan. Semoga dapat bermanfaat.
Disqus Comments