Apa Itu Blog ?

Pertanyaan paling dasar yang harus dijawab saat pertama kali mengenal kata blog, yaitu pengertian sebenarnya apa itu blog?

Tentu sangat naif apabila menganggap semua orang faham terkait kata blog. Saya sendiri, awalnya harus belajar kesana kemari mencari sumber-sumber di internet dan mempelajari sebenarnya apa itu blog? Hingga pada akhirnya saya jatuh cinta dan menggeluti kegiatan ngeblog sebagai hobi.

Pada laman Wikipedia sendiri, pengertian blog sendiri merupakan singkatan dari web log. Sebuah aplikasi website yang memiliki konten tulisan dan gambar pada sebuah halaman web secara umum.

Pada sebuah tulisan yang dimuat blog sendiri, kadang dimuat urut terbalik, dari isi terbaru kemudian diikusi isi yang lebih lama. Namun sekarang kembayakan lebih pada konten terbaru terlihat diawal dan konten terakhir pada halaman akhir.

Situs web log tersebut, biasanya dapat diakses diseluruh penjuru dunia, yang memiliki akses internet untuk mencari topin dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Pada perkembangan saat ini, diera digital yang semakin berkembang. Kekuatan blog menjadi lebih besar. Sehingga wajar rasanya untuk mempelajari blog lebih mendalam.

Sejarah Blog

Blogger.com merupakan media blog yang pertama kali muncul di internet. Yang didirikan oleh Pyra Labs,  sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.com pada tahun 2002.

Mungkin Google sudah menyadari dan memprediksi kekuatan internet akan semakin berkembang dengan bermunculanya  Web log. Semakin banyak orang mengunakan, semakin banyak tulisan dan informasi yang ada di internet dapat diakses oleh pengguna internet.

Semenjak Blogger.com diakuisi oleh Google, banyak aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukan kepada para pengembang penulis blog hingga saat ini.

Sehingga, semakin banyak blog berkembang pesat. Munculnya platform blog pun menjadi fasilitas pengguna internet untuk memiliki variasi blog, seperti wordpress, blogdetik, dan lain sebagainya.

Fungsi Blog

Untuk fungsi blog sendiri sangat beragam. Ada pengguna internet yang memanfaatkanya sebagai diary online, media publikasi dalam sebuah kampanye politik online, sampai mempromosikan produk-produk, promosi media dan perusahaan-perusahaan.

Bahkan, saat ini blog tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menulis catatan online. Banyak juga yang telah memanfaatkan blog sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan financial dari hobi menulis di blog tersebut. Hal ini akan kita bahas di postingan lain, jadi harap bersabar ya.

(Baca: Cara Membuat Blog dari Awal Menggunakan Platform Blogger)

Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, seperti blog betariko.com ini. Kemudian sebagian blog lain dikelola oleh banyak penulis, seperti kompasiana. Namun bagaimana atau siapapun pengelolanya, blog meruapakan media tempat berbagi banyak hal dengan para pengguna internet.

Jenis Blog 

Sebagai media berbagi, tentu ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di blog. Dalam dunia blogging (istilah untuk pengguna blog) dikenal beberapa jenis blog yang ada di internet. Berikut jenis-jenis blog, sesuai kategorinya :
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Seiring perkembangan teknologi informasi, semakin banyak jenis blog yang tidak mampu saya sebutkan satu per satu. Setiap orang memiliki niat dan tujuan masing-masing untuk memilih jalanya dalam dunia blogging.

Bagi saya, internet adala jendela dunia tanpa ujung yang nyata.  Sehingga setiap bagian yang ada didalamnya juga merupakan wujud nyata dari olah pikir manusia dari masa ke masa. Sebutan ngeblog sendiri merupakan sebutan bagi blogger di Indonesia adalah bagian dari perubahan jaman tersebut.

Bagi anda yang ingin memulai ngeblog, dan menjadi blogger. Sebaiknya pikirkan dahulu niat, di dalam diri kamu. Karena setiap tulisan akan membawa jejak digital, dan dapat mempengaruhi jejakmu di dunia nyata.
Disqus Comments