Analytical Research

Analytical Research merupakan cara untuk menentukan kebutuhan strategi bisnis dimasa yang akan datang. Ini berisi data real, untuk memprediksi keadaan kedepannya. 

Kebutuhan bisnis di era digital sendiri, saat ini dapat dimonitoring dari perilaku pengunjung yang ada di halaman situs. 

Adapun data yang dapat diambil melalui data search engine, berapa banyak pencarian yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Ini dapat dijadikan sebuah referensi, situs bisnis. 

Secara umum, data yang bisa digunakan oleh seorang pebisnis digital yaitu, data yang diambil dari Google Analytics, Google Adwords, Google Trends.

Google Analytics

Dengan menggunakan google analytics, memungkinkan pengguna dapat memonitoring data pengunjung situs. Data yang paling penting dari Google Analytics, yaitu perilaku pengunjung, alat yang digunakan oleh pengunjung situs, jumlah pengunjung rata-rata, dari mana pengunjung situs berasal.

Perilaku Pengunjung Situs

Berisi informasi berapa lama setiap user pengunjung berada di halaman situs. Apakah pengunjung betah berada di halaman situs, atau malah hanya sekedar mampir. 

Data yang didapat dari perilaku pengunjung situs ini, dapat dijadikan acuan terkait kenapa pengunjung hanya sebentar saja mampir ke situs dalam beberapa menit atau waktu. Bagaimana cara membuat pengunjung situs bertama lebih lama?

Tentu jika ingin membuat pengunjung lebih bertahan lama, perlu adanya pembaharuan konten, tampilan, navigasi dan lain sebagainya. Pembaharuan ini untuk memberikan kepuasan pengunjung situs terhadap konten yang disediakan. 

Konten yang baik, navigasi yang baik, dapat memberikan pengaruh penting. Semakin betah pengunjung dihalaman situs, semakin besar kesempatan produk yang anda tawarkan mendapatkan hasil sesuai target. 

Pengunjung Rata-rata 

Berapa pengunjung harian situs, berapa pengunjung bulanan ? ini yang menjadi bahan pertanyaan sekaligus pertimbangan untuk mengembangkan halaman situs bisnis.

Tempat Asal Pengunjung Situs

Dimana pengunjung situs berada, apakah ada di Indonesia atau pengunjung dari luar negeri. Seberapa banyak presentase ini.

Seorang bisnis mampu memprediksi kebutuhan pasar dari data tempat asal pengunjung situs. Tentu hal ini perlu adanya pembaharuan layanan atau produk baru yang dapat ditawarkan kepada pengunjung situs.

Alat Yang Digunakan

Alat yang dimaksud ini adalah melalui media apa pengguna mengunjungi situs, apakah dari PC atau dari Smartphone ?

Dari presentase pengguna tersebut, kita dapat menyesuaikan tampilan situs agar lebih responsive melalui media manapun situs di akses.

Google Adwords

Merupakan produk yang ditawarkan oleh google, untuk layanan periklanan online. Dengan menggunakan periklanan ini, anda juga bisa mendapatkan data-data penting yang anda butuhkan. Alat monitoringnya hampir sama dengan Google Analytics.

Dengan menggunakan Google Adwords, pengguna dapat memonitoring berapa dana iklan yang digunakan, data pengunjung dari periklanan tersebut. Google Adwords akan lebih sempurna lagi apabila di kolaborasikan dengan Google Analytics.

Google Trends

Berisi informasi data trend pencarian dari waktu kewaktu. Misalnya anda memiliki usaha batu akik, namun di Google Trends jumlah pencarian turun drastis, berarti pasar untuk batu akik ini memungkinkan pengguna sudah tidak lagi tertarik dengan produk tersebut.

Intinya dengan menggunakan data Analytical Research ini, seorang pebisnis dapat memprediksi keadaan pasar, memprediksi kebutuhan konsumen, serta melakukan pengembangan pelayanan.

Disqus Comments